Selasa, November 01, 2011

AYAT AYAT QURBAN


1. إِنَّاأَعْطَيْنَاكَ الكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2) إِنَّ شَانِئَكَ هُوَالأَبْتَرُ (3) (الكوثر)
Artinya:
“ Sesungguhnya dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (Al–Kautsar : 1 – 3).

2.  لَنْ يَنَالَ اللهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ (الحج 37)
Artinya:
“ Daging – daging unta dan darahnya itu sekali – kali tidak dapat  mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaanmulah yang dapat  mencapainya. ” (Al – Hajj :  37).

3. عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ وَجَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا (رواه أحمد وابن ماجه)
Artinya:
“ Barang siapa yang mendapatkan keluasan rizqi dan tidak berkorban maka jangan sekali – kali mendekati tempat sholat kami.“

4. عَنْ زَيْدٍ بْنُ أَرْقَمٍ : قَالُوْا يَا رَسُوْلَ اللهِ مَا هِذِهِ الأَضَاحِى ؟ قَالَ سُنّةُ أَبِيْكُمْ إِبْرَاهِيْمَ . قَالُوْا مَالَنَا مِنْهَا ؟ قَالَ بِكُلِّ شَعْرَةٍ حَسَنَةٌ. قَالُوْا فَالصُّوْفُ ؟ قَالَ بِكُلِّ شَعْرَةٍ مِنَ الصُّوْفِ حَسَنَةٌ.( رواه أحمد وابن ماجه )
Artinya:
Dari Zaid bin Arqam mereka berkata : Ya Rasulallah apakah qurban – qurban itu? Beliau menjawab: sunnah Bapakmu Ibrahim. Mereka berkata: apa manfaatnya bagi kami qurban itu? Beliau berkata : bagi setiap rambut satu kebaikan, mereka berkata; maka bulunya bagaimana? Beliau berkata: pada setiap helai dari bulunya adalah satu kebaikan.” (HR. Ahmada dan Ibnu Majah)

5. عَنْ أَبِيْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضَحَّى بِكِبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ الكَرِيْمَةِ سَمَّي وَكَبَّرَ (رواه البخارى ومسلم)
Artinya:
“Dari Anas sesungguhnya Nabi SAW berqurban dengan dua kambing yang gemuk – gemuk, yang bertanduk disembelih dengan tangannya yang mulia, basmallah dan membaca takbir. (HR. Muslim dan Bukhori)
6. عَنْ أَبِيْ البَرَّاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ : أَرْبَعٌ لاَ تُجْزِئُ فِي الأَضَاحِى العَوْرَاءُ البَيِّنُ عَوْرُهَا وَالمَرِيْضَةُ البَيِّنُ مَرَضُهَا وَالعَرْجَاءُ البَيِّنُ  عَرَجُهَا وَالْعُجْفَاءُ الَّتىِ لاَ تُنْقىِ (رواه أحمد وصححه الترميذي)
Artinya:
Dari Bara’ bin Azib berkata Rasulullah SAW: Empat (binatang) yang tidak mencukupi didalam qurban: binatang yang buta yang jelas butanya, binatang yang sakit yang jelas sakitnya, binatang yang pincang yang jelas pincangnya dan binatang yang kurus yang tidak bergajih. (HR. Ahamad dan disahkan oleh Tirmizi).

7. عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَحْرِ عَمَلاً أَحَبَّ إِلىَ اللهِ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَأَنَّهُ لَتَأْتِي يَوْمَ القِيَامَةِ بِقُرُوْنِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكاَنٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ  عَلىَ الأَرْضِ فَطَيِّبُوْا ِبهَا نَفْسًا (رواه ابن ماجه والترميذى)
Artinya:
“ Dari Aisyah RA Rasulullah SAW berkata : Tidaklah ada amal Bani Adam yang paling dicintai Allah pada hari nahr selain mengalirkan darah (menyembelih binatang qurban) dan sesungguhnya akan menampakkan diri pada hari qiyamat lengkap dengan tanduk – tanduknya, kuku – kukunya dan rambut – rambutnya, dan begitu cepat diterima oleh Allah sebelum darahnya jatuh ke bumi. Maka perbaikilah dirimu dengan qurban itu. “ (HR. Ibnu Majah dan Tirmizi).

8. مَنْ ذَبَحَ  قَبْلَ الصَلاَةِ فَإِنَّهُ يَذْبَحُ لِنَفْسِهِ فَمَنْ يَذْبَحُ بَعْدَ الصَّلاَةِ وَالخُطْبَتَيْنِ فَقَدْ أَتَمَّ نُسُكَهُ وَأَصَابَ سُنَّةُ المُسْلِمِيْنَ. (رواه الترميذى)
Artinya:
“ Barang siapa yang menyembelih hewan qurban sebelum shalat (Hari Raya Haji) maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri dan barang siapa yang menyembelih setelah sholat (Hari Raya Haji)  dan kedua khutbahnya, sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadahnya dan ia telah menjalani aturan Islam .” (HR. Bukhori)

9. كُلُّ أَيَّامِ التَشْرِيْقِ ذَبْحٌ. (رواه أحمد)
Artinya:
“Semua Hari Tasyriq (tanggal 11 sampai 13 Dzulhijjah) waktu untuk menyembelih qurban.“ ( HR. Ahmad ).

1 komentar:

  1. Promo hot Natal dari Bolavita

    Tersedia banyak bonus seperti :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Setiap Hari 5%
    > Bonus Rollingan 0.5%
    > Bonus Referral 10%

    Transaksi bisa dilakukan melalui :
    => PULSA ( XL & TELKOMSEL )
    => E-wallet (OVO, LINK AJA, GO-PAY, JENIUS dan DANA)
    => Bank (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, CIMB NIAGA dan DANAMON)

    Customer service juga online 24jam nonstop untuk membantu anda jika mengalami kendala dalam permainan.

    Thankyou.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami via livechat ataupun :
    ✔ WA / TELEGRAM : +6281297392623




    BalasHapus